DASAR DASAR SISTEM KOMPUTER

DASAR DASAR SISTEM KOMPUTER

A. Gerbang Logika 

     Gerbang logika adalah sebuah blokj atau sirkuit  (rangkaian  dasar digital) yang berfungsi mengolah setiap input dan output  data digital yang berupa 0 dan 1 ( biner ). Gerbang Logika hanya mengenal tiga operasi dasar, yaitu

    1. Gerbang Logika OR

    2. Gerbang Logika AND

    3. Gerbang Logika NOT

B. Mikrokontroler 

    1. Fungsi Mikrokontroler 

        Merupakan alat yang berfungsi sebagai pengontrol sebuah sistem. Mkrokontroler  dapa didefinisikan

        sebagai alat pengontrol dengan ukuran kecil dan terintrgrasi layaknya sebuah sistem komputer 

       dalam sebuah chip.

   2. Arsitektur ATmega328P 

   3. Arduino Merupakan rangkaian elektronika yang berbasis mikrokontroler ATmega328P keluaran Atmel, nama lainnya adalah development board atau papan pengembangan mikrokontroler.

  4. Pemrograman Mikrokontlorer pada Arduino 

    Bahasa yang di gunakan  yaitu menggunakan Bahasa C. Penjelasan mengenai struktur penulisan 

     bahasa pemrograman C dapat di lihat dengan memindai QR code di samping. 

 5. Aplikasi Arduino Sederhana

C. Organisasi dan Arsitektur Komputer

  1. Konsep Organisasi Komputer

      Secara teoretis akan menjelaskan konsep cara komponen - komponen hardware dalam komputer 

      itu bekerja secara terintregasi sebagai kesatuan komputer.

  2. Arsitektur Komputer

      Ilmu yang membahas atribut sistem yang di rancang oleh programer untuk mendapatkan hasil 

      kerja optimal terhadap kinerja sebuah komputer. 

D. Perangkat Keras Komputer

     Berfungsi menghubungkan interaksi pengguna dengan sistem komputer, perangkat keras di bedakan menjadi dua yaitu: 

   1. Perangkat Keras Internal

      Perangkat keras yang dipasangkan di dalam koneksi internal mainboard, beberapa contohnya 

     sebagai berikut. 

    a. Mainboard

    b. CPU (Central Processing Unit ) 

    c. Memori

    d. Power Supply

  2. Perangkat Keras Eksternal 

      Perangkat keras yang dipasangkan di luar koneksi internal mainboard, tipe perangkat eksternal 

     dapat di bagi menjadi tiga,yaitu

     a. Machine Readble 

     b. Human Readbele

     c. Communications

  3. Perangkat masukan pengetikan 

      Perangkat input yang sering di gunakan adalah keyboard. 

  4. Perangkat masukan penunjuk (pointer) 

     Digunakan untuk menggeser kursor dan memilih objek dalam layar monitor, contoh perangkat

     masukan yaitu

    a. Mouse

    b. Trackball 

    c. Touchpad

  5.  Perangkat Keluaran ( Output Device ) 

       Perangkat yang berfungsi menampilkan data dalam bentuk audio, tampilan grafis, hasil cetak

      dan lainnya. Beberapa perangkat keluaran yang sering di gunakan antara lain sebagai berikut

      1. Monitor

      2. Speaker

      3. Printer 

      4. Plotter

6. Perangkat Penyimpanan ( Storage Device ) 

    Perangkat penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan data. Beberapa perangkat penyimpanan yang biasa digunakan antara lain sebagai berikut,. 

   1. Hard disk

   2. USB Flash Disk 

   3. Disk Drive 

7. Perangkat Input/Output

   Contoh perangkat input\output yang terdapat pada komputer, antara lain sebagai berikut. 

  1. NIC (Network Interface Card) 

  2. Modem atau modulator demodulator 

E. Perangkat Lunak Komputer

  1. Teknologi Sistem Operasi

      Berfungsoi meninterupsi dan mengontrol perangkat keras komputer berdasarkan input yang di berikan pengguna. 

 2. Master Boot Record (MBR)  

Merupakan lokasi media penyimpanan berukuran 512 Byte.

 3. Instalasi Windows 10

     Windows 10 memiliki kemampuan yang tinggi untuk mendukung kinerja hardware dan pcocessor,aplikasi perkantoran, aplikasi permainan hingga bahasa pemrograman generasi terbaru. 

 4. Partisi Hard disk 

    Hard disk dapat di katakan sebagai cakram atau disk yang dapat menyimpan data magnetik yang sudah terpolarisasi. 

5. Mengonfigurasi Driver Hardware 

   Driver merupakan software yang berfungsi menerjemahkan komunikasi data antara perangkat keras atau hardware dengann setiap instruksi yang dikirimkan oleh CPU melalui aplikasi dalam sistem  operasi.

6. Software Aplikasi 

    Merupakan kumpulan subrutin yang ditulis berdasarkan aturan penulisan bahasa pemrograman tertentu, agar dapat dimengerti dan mudah dieksekusi oleh processor. 

      


Posting Komentar