DASAR DASAR SISTEM KOMPUTER
A. Gerbang Logika
Gerbang logika adalah sebuah blokj atau sirkuit (rangkaian dasar digital) yang berfungsi mengolah setiap input dan output data digital yang berupa 0 dan 1 ( biner ). Gerbang Logika hanya mengenal tiga operasi dasar, yaitu
1. Gerbang Logika OR
2. Gerbang Logika AND
3. Gerbang Logika NOT
B. Mikrokontroler
1. Fungsi Mikrokontroler
Merupakan alat yang berfungsi sebagai pengontrol sebuah sistem. Mkrokontroler dapa didefinisikan
sebagai alat pengontrol dengan ukuran kecil dan terintrgrasi layaknya sebuah sistem komputer
dalam sebuah chip.
2. Arsitektur ATmega328P
3. Arduino Merupakan rangkaian elektronika yang berbasis mikrokontroler ATmega328P keluaran Atmel, nama lainnya adalah development board atau papan pengembangan mikrokontroler.
4. Pemrograman Mikrokontlorer pada Arduino
Bahasa yang di gunakan yaitu menggunakan Bahasa C. Penjelasan mengenai struktur penulisan
bahasa pemrograman C dapat di lihat dengan memindai QR code di samping.
5. Aplikasi Arduino Sederhana
C. Organisasi dan Arsitektur Komputer
1. Konsep Organisasi Komputer
Secara teoretis akan menjelaskan konsep cara komponen - komponen hardware dalam komputer
itu bekerja secara terintregasi sebagai kesatuan komputer.
2. Arsitektur Komputer
Ilmu yang membahas atribut sistem yang di rancang oleh programer untuk mendapatkan hasil
kerja optimal terhadap kinerja sebuah komputer.
D. Perangkat Keras Komputer
Berfungsi menghubungkan interaksi pengguna dengan sistem komputer, perangkat keras di bedakan menjadi dua yaitu:
1. Perangkat Keras Internal
Perangkat keras yang dipasangkan di dalam koneksi internal mainboard, beberapa contohnya
sebagai berikut.
a. Mainboard
b. CPU (Central Processing Unit )
c. Memori
d. Power Supply
2. Perangkat Keras Eksternal
Perangkat keras yang dipasangkan di luar koneksi internal mainboard, tipe perangkat eksternal
dapat di bagi menjadi tiga,yaitu
a. Machine Readble
b. Human Readbele
c. Communications
3. Perangkat masukan pengetikan
Perangkat input yang sering di gunakan adalah keyboard.
4. Perangkat masukan penunjuk (pointer)
Digunakan untuk menggeser kursor dan memilih objek dalam layar monitor, contoh perangkat
masukan yaitu
a. Mouse
b. Trackball
c. Touchpad
5. Perangkat Keluaran ( Output Device )
Perangkat yang berfungsi menampilkan data dalam bentuk audio, tampilan grafis, hasil cetak
dan lainnya. Beberapa perangkat keluaran yang sering di gunakan antara lain sebagai berikut
1. Monitor
2. Speaker
3. Printer
4. Plotter
6. Perangkat Penyimpanan ( Storage Device )
Perangkat penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan data. Beberapa perangkat penyimpanan yang biasa digunakan antara lain sebagai berikut,.
1. Hard disk
2. USB Flash Disk
3. Disk Drive
7. Perangkat Input/Output
Contoh perangkat input\output yang terdapat pada komputer, antara lain sebagai berikut.
1. NIC (Network Interface Card)
2. Modem atau modulator demodulator
E. Perangkat Lunak Komputer
1. Teknologi Sistem Operasi
Berfungsoi meninterupsi dan mengontrol perangkat keras komputer berdasarkan input yang di berikan pengguna.
2. Master Boot Record (MBR)
Merupakan lokasi media penyimpanan berukuran 512 Byte.
3. Instalasi Windows 10
Windows 10 memiliki kemampuan yang tinggi untuk mendukung kinerja hardware dan pcocessor,aplikasi perkantoran, aplikasi permainan hingga bahasa pemrograman generasi terbaru.
4. Partisi Hard disk
Hard disk dapat di katakan sebagai cakram atau disk yang dapat menyimpan data magnetik yang sudah terpolarisasi.
5. Mengonfigurasi Driver Hardware
Driver merupakan software yang berfungsi menerjemahkan komunikasi data antara perangkat keras atau hardware dengann setiap instruksi yang dikirimkan oleh CPU melalui aplikasi dalam sistem operasi.
6. Software Aplikasi
Merupakan kumpulan subrutin yang ditulis berdasarkan aturan penulisan bahasa pemrograman tertentu, agar dapat dimengerti dan mudah dieksekusi oleh processor.
